Menikmati Keindahan Bukit Panguk Kediwung

 

Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung

Kota Yogyakarta sangat terkenal sekali dengan nilai-nilai budaya Jawanya yang masih sangat kental, terlebih lagi disana terdapat tempat-tempat wisata menarik dan wajib untuk dikunjungi. Tak heran jika banyak sekali wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara yang berkunjung ke kota Yogyakarta.

Kabupaten Bantul menjadi salah satu tempat di Yogyakarta yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Salah satu destinasi wisatanya yang wajib dikunjungi yaitu Bukit Panguk Kediwung. Bukit yang berada di daerah Dlingo, Mangunan, Bantul, Yogyakarta ini sering dianggap pengunjung sebagai negeri diatas awan. Disebut negeri diatas awan karena pada waktu tertentu bukit ini dikelilingi kabut yg cukup tebal.

Tempatnya yang sangat sejuk dan pemandangannya yang indah, membuat pengunjung berbondong-bondong untuk mengunjunginya. Ditambah lagi Bukit Panguk Kediwung dekat dengan Kebun Buah Mangunan Yogyakarta, dimana wisatawan bisa sekaligus mampir ke Kebun Buah Mangunan. Bukit Panguk Kediwung merupakan wisata alam perbukitan yang instragammable dan sangat tepat untuk hunting foto-foto pemandangan alam atau berfoto selfie. Tempat ini juga merupakan tempat wisata baru di kota Yogyakarta. Ya karena baru dipertengahan tahun 2016 tempat ini mulai trending di media sosial, seperti facebook dan instagram yang dishare oleh para pengunjung.

Selain itu para pengunjung juga dapat menyaksikan sunrise yang sangat indah sekali. Pihak warga setempat atau pengelola menyediakan beberapa spot-spot di bibir tebing yang bisa dinikmati para wisatawan untuk berfoto-foto atau sekedar menikmati pemandangan alam yang disuguhkan begitu indahnya. Disarankan waktu terbaik untuk berkunjung ke Bukit Panguk Kediwung adalah saat pagi hari atau waktu shubuh, antara jam 05:00 sampai dengan jam 10:00 WIB.

 

Lokasi dan Rute Menuju Bukit Panguk Kediwung

Sesuai uraian yang sudah ada diatas, Bukit Panguk Kediwung berada di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Apabila dari pusat kota Yogyakarta maka ambil arah menuju Imogiri. Dari Imogiri menuju arah Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Dlingo atau bisa melihat papan petunjuk yang ada (bisa menggunakan Google Maps).

Setelah sampai di daerah Kebun Buah Mangunan, anda bisa bertanya kepada masyarakat sekitar menuju Dusun Kediwung. Sesampainya di Dusun Kediwung, pengunjung dapat mengikuti papan petunjuk arah menuju Bukit Panguk Kediwung yang sudah disediakan oleh warga atau pengelola.

Dikarenakan jalur menuju Bukit Panguk Kediwung yang cukup terjal dan berkelok, pastikan kendaraan selalu dalam keadaan yang prima. Dianjurkan untuk selalu mengecek kendaraan yang dibawa, seperti cek rem, roda dan yang lainnya.

 

Tarif dan Fasilitas di Bukit Panguk Kediwung

Untuk dapat menikmati keindahan Bukit Panguk Kediwung pengunjung belum dikenakan tarif resmi atau masih sukarela, ini dikarenakan masih dikelola oleh warga sekitar.

Akan tetapi jika anda menggunakan sepeda motor atau mobil dikenakan tarif untuk kendaraan roda dua atau motor sebesar Rp 2000, sedangkan untuk roda empat atau mobil sebesar Rp 5000.

Jangan lupa untuk selalu mejaga kebersihan kawasan wisata Bukit Panguk Kediwung dengan membuang sampah ketempat yang sudah disediakan atau pengunjung dapat membawa kantong plastik sendiri untuk mengumpulkan sampah dan membuangnya ditempat sampah.

Pihak pengelola juga sudah menyediakan gazebo yang dapat dinikmati oleh para pengunjung Bukit Panguk Kediwung untuk sekedar berteduh dan duduk-duduk istirahat sambil menikmati pemandangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.