Ajak Keluarga Menikmati Wahana Liburan Di Jatim Park

Ditulis oleh : ego
jawa timur park

Liburanwisata.com – Berbicara tentang kota Batu Malang pasti tidak terlepas dari tempat-tempat wisatanya yang sangat banyak. Jatim Park Selain keindahan alamnya yang masih sangat alami dan sangat pantas untuk dikunjungi, Kota Batu Malang, Jawa Timur juga terdapat tempat wisata yang sangat menarik. Salah satunya adalah Jawa Timur Park, yang akan saya bahas kali ini.

Jatim Park merupakan tempat wisata yang sangat wajib dikunjungi apabila anda berkunjung ke Kota Batu Malang, Jawa Timur. Letaknya sekitar 20 km dari kota Malang. Dibawah naungan Jawa Timur Park Group, Jatim Park terdiri atas Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Terlebih dahulu saya akan membahas tentang Jatim Park 1 dan selanjutnya akan saya bahas Jatim Park 2.

Alamat Jatim Park
Jatim Park Group terletak di Jalan Kartika No. 2 Kota Wisata Batu, Jawa Timur Indonesia 65314.

Akses Jalan Menuju Jatim Park
Jatim Park dapat anda akses menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan angkutan umum.
Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan dapat ditempuh selama kurang lebih 30-45  menit dari pusat kota Malang, Jawa Timur. Bagi anda yang menggunakan kendaraan angkutan umum dari pusat kota Malang, khususnya dari stasium Malang, pertama naiklah angkutan umum yang mengarah ke terminal Landung Sari atau angkutan dengan kode AL dan ADL. Setelah sampai diterminal Landung Sari, maka perjalanan dilanjutkan menggunakan angkutan umum berkode BL, BJL atau BTL dengan jurusan terminal Batu. Setelah itu anda dapat turun didepan pintu gerbang Jatim Park 1. Tarif angkutan di kota Batu rata-rata adalah Rp 3000 baik jarak jauh maupun jarak dekat. Sebaiknya gunakanlah angkutan umum sebelum jam 18.00, karena diatas jam tersebut akan susah menjumpai angkutan yang masih beroperasi.

Perbedaan Jatim Park 1 dan Jatim Park 2
Kedua tempat wisata ini letaknya tidak jauh satu sama lain, kedua tempat wisata ini pastinya juga memiliki perbedaan, Jatim Park 1 adalah tempat wisata yang lebih ditujukan untuk hiburan dan tempat bermain, sedangkan Jatim Park 2 lebih ditujukan untuk tempat belajar dengan konsep belajar ilmu alam, biologi dan pembelajaran satwa yang telah disesuaikan dengan habitat aslinya.

Jatim Park 1
Sebuah tempat wisata yang berada diketinggin 850 MDPL ini bernama Jatim Park 1, tempat wisata yang menggabungkan edukasi dan rekreasi ini dilengkapi dengan wahana science stadium dimana didalamnya terdapat berbagai macam alat-alat peraga yang didukung oleh instansi pemerintahan seperti, Telkom, PLN dan beberapa universitas ternama di Jawa Timur.

Jatim Park 1

Harga tiket masuk Jatim Park 1. Pada hari Senin-Kamis (weekday) anda dapat membeli tiket masuk Jatim Park 1 seharga Rp 60.000, sedangkan untuk hari Jumat-Minggu (weekand) dan high season sebesar Rp 80.000. Bagi anak dengan tinggi badan dibawah 85 cm maka tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Harga tiket tersebut tidak termasuk untuk beberapa wahana seperti flying fox, go kart, arena ketangkasan dan perlengkapan kolam berenang.

Jatim Park 1 dibuka setiap hari pada pukul 08.30 – 16.30.

Wahana di Jatim Park 1
Terdapat kurang lebih sekitar 50 wahana yang dapat dinikmati yang berada  didalam Jatim Park 1 Malang. Selain kolam renang yang sangat besar dengan latar belakang patung Ken Dedes, Mpu Gandring dan Ken Arok. Berikut adalah wahana-wahana yang ada di Jatim Park 1:
Water boom, Sky swinger, Rumah pipa, Aero test, Dragon coaster, Rumah misteri 3D, Fantastic swimming pool, Fish park, Volcano coaster, Amphi theater, Flying tornado, Mini train, Air bhorne shoot, Colombus, Bamber boat, Samba baloon, Mocil (motor cilik), Keraton nusantara, Pipe house, Children mini cros area, Remote car, Post office diorama, Midi skater, Numismatic galery, Battery car, Pendulum, Papua and ethnic java galery dan masih banyak wahana-wahana menarik lainya di Jatim Park 1. Terdapat  pula wahana-wahana berbayar, seperti Go kart, Flying fox, Area Ketangkasan, Trampolin, Games room dan Perlengkapan kolam renang.

Penginapan Dekat Jatim Park 1
Banyak sekali pilihan penginapan yang tersedia disekitar Jatim Park 1 Malang, mulai dari hotel sampai dengan villa yang sangat bervariasi. Anda tentunya bisa memilih penginapan yang cocok dan nyaman untuk anda sesuai dengan budget anda. Sebaiknya lakukanlah booking hotel melalui online agar anda bisa leluasa memilih agar tidak kehabisan kamar.

Jatim Park 2

Jatim Park 2 juga merupakan bagian dari Jatim Park Group yang letaknya tidak jauh dari Jatim Park 1. Tempat wisata yang satu ini memang sangat berbeda dari Jatim Park 1.

Jatim Park 2 adalah sebuah wisata eduakasi dan bermain dimana lebih menggusung konsep belajar tentang lingkungan, satwa dan biologi. Jatim Park 2 sudah menjadi salah satu icon pariwisata terkenal di Kota Batu Malang. Tak heran kalau Jatim Park 2 sangat ramai oleh pengunjung. Keunikan dari bangunan-bangunan yang ada di Jatim Park 2 ini juga sering dipakai untuk sesi foto prewedding.

Jatim Park 2

Alamat Jatim Park 2
Lokasi tempat wisata ini berada di Jl. Oro-oro Ombo No. 9 Kota Wisata Batu, Malang, Jawa Timur atau lebih tepatnya berada sekitar 750 meter dari Jatim Park 1. Jatim Park 2 bisa diakses menggunakan angkutan umum dari kota Malang dengan sangat mudah, dari alun-alun kota Malang anda cukup menuju Jalan Kawi lalu ikuti terus jalan tersebut sampai anda tiba di Kota Batu Malang. Anda juga bisa memanfaatkan GPS di smartphone anda.

Harga Tiket dan Jam Buka Jatim Park 2

Jatim Park 2 setiap hari senin-kamis harga tiketnya sebesar Rp. 75.000 untuk 2 tempat wisata yaitu Secret Zoo dan Museum Satwa, Rp 95.000 untuk 3 tempat wisata yaitu Museum Satwa, Secret Zoo dan Eco Green Park atau Museum Bagong.
Untuk  hari sabtu-minggu (weekand)  harga tiketnya sebesar Rp.105.ooo untuk 2 tempat wisata yaitu Secret Zoo dan Museum Satwa. Rp 125.000 untuk 3 tempat wisata yaitu Museum Satwa,Secret Zoo dan Eco Green Park atau Museum Bagong dan Museum Angkut.
Jatim Park 2 di buka pada pukul 10.00 – 18.00.

Objek wisata yang ada di jatim park 2

Jatim Park 2 terdiri dari berbagai macam objek wisata diantaranya adalah, Museum Satwa. objek wisata yang satu ini merupakan sebuah musem yang didalamnya terdapat banyak sekali berbagai macam satwa yang diawetkan. Selain objek wisata ini yang cukup besar, pastinya diorama satwa yang berada didalamnya juga sangat lengkap. Mulai dari satwa berukuran besar seperti Dinosaurus sampai Serangga yang sangat kecilpun juga ada. Museum ini sangat menarik sekali untuk dikunjungi, banyak sekali diorama satwa yang masih terlihat seperti hidup.

Secret Zoo. Kebun binatang dengan penataan dan satwa yang cukup lengkap. Tak hanya itu saja, satwa yang berada dikebun binatang ini sangat sehat dan terawat, tidak seperti kebanyakan kebun binatang yang ada di indonesia yang tidak terawat dan terkesan asal-asalan dalam membangun kandang .Di kebun binatang ini tempatnya sangat bersih sekali. Sangat nyaman untuk mengajak berwisataBuah hati anda. Serta sangat Informatif dan Edukatif, tentunya sangat cocok untuk menambah wawasan buah hati anda tentang satwa-satwa yang ada didunia. Jangan lupa kunjungi juga batu night spectacular yang mempunyai banyak wahanan yang sangat menarik. Jawa Timur Park sangat patut di kunjungi.

Eco Green Park. Di objek wisata ini banyak sekali wahana-wahana yang dapat dinikmati. Tempat ini merupakan taman pengetahuan terlengkap dan terluas, banyangkan saja untuk menjelajahi objek wisata ini memerlukan waktu kurang lebih 2 setengah jam dengan berjalan kaki. Disini terdapat banyak sekali wahana bermain seperti Music plaza,flaminggo,insectarium,walking bird,jungle adventure,rumah terbalik,water outbond,cinema 3D,eco Journy, sampai Pengolahan Sampah dan Biogas pun juga ada diobjek wisata ini. Area Burung dan Unggas ada di World of Parrot, Bird of paradise, Duck Kingdom, Owl, Elang dan Rangkok, Parkit Dunia, Bird Gallery, Bird Peakok dan Pasar Burung. Saking luas nya objek wisata yang satu ini, maka untuk anda yang tidak ingin capek berjalan kaki mengelilingi objek wisata ini, disediakan penyewan E-bike yang sangat praktis untuk anda, dengan tarif Rp.100.000 anda dapat menyewa E-bike selama 3 jam.