Keindahan Alam Kalibiru

Alam Kalibiru

Alam Kalibiru

Jika bicara tentang Yogyakarta, pasti ada banyak hal yang ada di pikiran kita bukan? Ya, salah satunya adalah wisata alamnya. Salah satu wisata alam yang sedang ramai di media sosial yaitu Kalibiru yang berada di kawasan Kulon Progo, Yogyakarta.

Kalibiru

Kalibiru adalah objek wisata alam yang berada di daerah Yogyakarta, tepatnya di Desa Hargowelis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Jarak tempat wisata alam ini dari pusat kota sekitar 40 km.

Tempat wisata alam Kalibiru memiliki tanah bergelombang dan dominan oleh perbukitan dalam area hutan lindung. Wisata alam yang bertemakan Hutan Kemasyarakatan Kalibiru ini berada di Perbukitan Menoreh Kulon Progo Yogyakarta dan memiliki ketinggian 450 mdpl dengan perbukitannya yang subur. Ditambah lagi udara di Kalibiru pun sangat sejuk.

Kalibiru dikelola oleh pemerintah dan masyarakat yang berada di sekitar daerah tersebut agar tetap terjaga kelestariannya dan dapat dijadikan obyek wisata alam.

Harga Tiket Masuk

Untuk tiket masuk ke wisata alam Kalibiru ini pun sangat murah yaitu sebesar Rp 5.000 per orang. Sangat terjangkau untuk anda yang ingin berlibur khususnya dengan keluarga namun dengan pengeluaran yang minim.

 

Fasilitas di Kalibiru

Ada beberapa fasilitas yang telah disediakan yang dapat dipergunakan oleh pengunjung Kalibiru, diantaranya yaitu: area parkir yang luas untuk pengendara roda dua dan pengendara roda empat, kios makanan dan ada juga beberapa fasilitas menginap yang telah disediakan seperti pendopo, homestay dan juga camping ground. Jika pengunjung ingin menguji adrenalin yang dimiliki, ada sarana outbound yang dapat digunakan oleh pengunjung. Ada juga jalur trekking yang dapat dijadikan lokasi camping. Untuk pengunjung yang ingin mendapatkan spot foto bagus, tentu saja Kalibiru memilikinya.

Fasilitas Area Parkir

Untuk area parkir yang ada di Kalibiru cukup luas dengan biaya parkir untuk kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000 dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000 .

Fasilitas untuk Melihat Pemandangan

Di Kalibiru juga terdapat menara pandang yang dapat digunakan untuk menikmati pemandangan perbukitan. Dari menara pandang tersebut, anda juga dapat menikmati pemandangan matahari terbenam jika anda berkunjung pada saat yang tepat.

Jika anda ingin berburu foto di menara pandang tersebut, hanya cukup membayar Rp 10.000 . Selain itu, terdapat juga beberapa gardu pandang berbentuk rumah pohon untuk menikmati pemandangan dan berburu foto pada saat matahari terbenam.

Ditambah lagi dengan pemandangan perbukitan yang hijau dan dingin, menjadikan Kalibiru diminati para pengunjung karena pemandangan tersebut dapat memanjakan mata anda.

Fasilitas untuk Menginap

Untuk pengunjung yang ingin menginap di Kalibiru, Kalibiru menyediakan fasilitas menginap dengan sistem homestay. Totalnya berjumlah 6 dan dapat menampung sekitar 10-15 orang. Dapat digunakan juga untuk anda yang berkunjung dengan keluarga, dengan biaya sewa paling murah yaitu Rp 120.000 per malam untuk satu homestay.

Selain dengan sistem homestay, pengunjung juga dapat berkemah di camping ground yang telah disediakan.

Fasilitas Makanan

Ada banyak penjual makanan enak yang mudah ditemui di Kalibiru. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Terdapat pula warung lesehan yang mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau. Menu makanannya pun beragam. Ada pula warung yang serupa dengan cafe yang terdapat di dekat gerbang masuk utama Kalibiru.

Fasilitas Outbond

Untuk fasilitas outbond, Kalibiru memiliki flying fox yang dapat digunakan oleh semua kalangan, dengan harga yang sangat terjangkau, untuk anak-anak dikenakan harga sebesar Rp 5.000 per orang dan Rp 10.000 per orang untuk dewasa. Namun flying fox ini hanya dapat digunakan pada hari hari Minggu saja, mulai pukul 08:00 sampai dengan 16:00.

Selain flying fox terdapat pula sarana outbond berupa jembatan monyet. Jembatan monyet ini adalah sebuah jembatan gantung yang terhubung dari pohon yang satu ke pohon yang lainnya. Bahan yang digunakan untuk jembatan monyet ini yaitu papan-papan kayu yang disimpul menggunakan tali-temali. Untuk anda yang takut ketinggian, tidak perlu khawatir, karena akan ada petugas yang akan memasangkan tali pengaman.

Dari fasilitas outbond jembatan monyet ini, pengunjung dapat melihat pemandangan Waduk Sermo dari atas jembatan.

Fasilitas Trekking

Untuk fasilitas trekking atau jelajah alam yang ada di Kalibiru, terdapat beberapa rute dan medan perjalanan yang dapat ditempuh. Pengunjung dapat dengan bebas menentukan pada trek mana anda ingin berjalan. Untuk jarak treknya, ada yang berjarak 1.5 km, 3 km, 5 km, hingga 7 km.

Selama perjalanan pengunjung juga dapat melihat beranekaragaman fauna yang tersebar, seperti elang, landak, ayam hutan dan harimau. Jika anda berencana naik gunung, ada baiknya anda melatih fisik di trek Kalibiru ini.

 

Jalur dan Rute menuju Kalibiru

Untuk menuju Kalibiru, perjalanan dapat ditempuh melalui dua rute, yaitu Sermo dan Clereng. Kedua rute tersebut sudah memiliki jalan beraspal yang memadai dan dapat dilalui kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat.

Rute Sermo

Rute Sermo adalah rute terbanyak yang dipilih oleh pengunjung dikarenakan jika melalui rute ini pengunjung dapat melihat pemandangan Waduk Sermo, sehingga perjalanan anda akan terasa lebih menyenangkan.

Nikmati juga wisata di jogja, yaitu Bukit Panguk Kediwung

Untuk menuju Kalibiru dengan rute Sermo, pengunjung dapat melewati daerah Sentolo, lalu ke Pengasih. Lalu ke arah alun-alun Wates – RSUD Wates – Beji – Sermo. Baru dari Sermo anda baru bisa menuju Kalibiru.

Rute Clereng

Rute kedua yaitu rute Clereng. Perjalanan rute ini lebih cepat sampai daripada rute pertama, karena tanjakan atau likuan tidak akan separah jika dibandingan dengan rute pertama. Jika anda ingin segera menikmati keindahan Kalibiru, anda bisa memilih untuk melalui rute ini. Dari pusat kota, anda bisa menuju Sentolo lalu ke Pengasih.

Namun setelah perempatan Sentolo, berbeloklah ke arah kanan (menuju Clereng). Ikuti saja rute itu untuk menuju Kalibiru. Dalam perjalanan sudah ada petunjuk jalan, sehingga tidak perlu cemas dan khawatir jika anda akan tersesat.