Jurang Tembelan, Pesona wisata baru di Yogjakarta

Jurang TembelanJurang Tembelan

Jurang Tembelan bisa dibilang merupakan salah satu tempat wisata baru di Yogyakarta. Tidak hanya menjadi salah satu tempat wisata baru di Yogyakarta, tempat ini juga menjadi tempat wisata yang populer di Yogyakarta. Jika anda tahu lokasi Taman Buah Mangunan, lokasinya tidaklah jauh dari Gardu Pandang Mangunan.

Di daerah Mangunan memiliki beberapa tempat wisata yang terkenal diantaranya yaitu Gardu Pandang Mangunan, Bukit Panguk Kediwung, Bukit Mojo dan tentu saja Jurang Tembelan. Selain untuk menikmati keindahan Jurang Tembelan, para pengunjung yang datang juga dapat selfie dan memotret sunrise atau matahari terbit.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi tempat wisata ini yaitu pada saat pagi hari sebelum matahari terbit. Pada saat siang hari biasanya sudah semakin banyak para wisatawan yang datang dan untuk selfie pun harus bergantian. Tempat wisata Jurang Tembelan kini pun sudah sering terlihat di media sosial seperti instagram.

Untuk mendapatkan sunrise di Jurang Tembelan memang agak sulit dikarenakan kabut dan awan selalu turun terutama saat musim hujan. Waktu terbaik untuk menikmati sunrise di Jurang Tembelan tentu saja saat musim kemarau tiba. Jika anda datang ketempat wisata ini dan ingin menikmati sunrise, ditempat ini terdapat warung, jadi anda dapat menunggu saat sunrise tiba sambil meminum secangkir kopi atau teh.

Lokasi Jurang Tembelan

Lokasi Jurang Tembelan berada di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Jarak dari pusat kota Yogyakarta sekitar 22 kilometer dan dapat ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 1.5 jam.

Para wisatawan berangkat dari Yogyakarta menuju ke arah Terminal Giwangan, lalu ke arah selatan terus sampai bertemu Pasar Imogiri. Dari Pasar Imogiri ambil jalur ke kiri ikuti ke arah makam raja-raja sampai menemukan pertigaan.

Pilih arah menuju Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus. Tiba di pintu masuk gardu pandang terdapat petunjuk yang akan mengarahkan wisatawan ke Jurang Tembelan.

Akses menuju tempat wisata ini memang cukup ekstrim. Jalanan yang naik turun dan curam tentu akan wisatawan temukan selama perjalanan. Sehingga para wisatawan harus tetap hati-hati selama perjalanan terutama saat musim hujan. Pastikan juga untuk kendaraan yang digunakan oleh para wisatawan dalam keadaan baik.

Jika para wisatawan ada yang merupakan penggemar olahraga sepeda gunung, trek di daerah Mangunan ini cocok untuk anda penggemar downhill. Tidak harus menggunakan sepeda motor namun juga dapat menggunakan sepeda biasa.

Tiket MasukĀ 

Tempat wisata ini baru saja dibuka sebagai tempat wisata baru di sekitar daerah Yogyakarta pada bulan Agustus 2016.

Walaupun termasuk tempat wisata baru, namun sudah banyak wisatawan yang datang untuk melihat keindahan tempat wisata Jurang Tembelan tersebut. Para wisatawan yang berkunjung tidak hanya berasal dari dari Yogyakarta atau daerah-daerah sekitar Yogyakarta saja, namun banyak dari mereka yang datang dari luar daerah Yogyakarta. Selain itu anda juga bisa menikmati wisata yang hampir sama dengan jurang tembelan, yaitu Bukit Panguk Kediwung yang merupakan tempat wisata baru juga di daerah jogjakarta

Karena tempat wisata ini baru dibuka sebagai tempat wisata, para wisatawan tidak akan dikenai biaya untuk pembelian tiket, alias gratis untuk tiket masuknya. Walaupun begitu, para wisatawan tetap harus membayar ongkos parkir untuk setiap kendaraan yang dibawa oleh para wisatawan.

Fasilitas di Jurang Tembelan

Meskipun tempat wisata ini masih tergolong baru, namun jangan khawatir, untuk fasilitas yang terdapat di tempat wisata Jurang Tembelan sudah cukup lengkap diantaranya, yaitu dua gardu pandang, gazebo, beberapa warung makan, toilet, mushalla dan tempat parkir yang nyaman.

Gazebonya pun dapat para wisatawan gunakan untuk beristirahat sambil menikmati minuman seperti teh atau kopi dan beberapa makanan dari warung yang tersedia di tempat wisata ini.