Bukit Mojo Gumelem, Surga untuk Selfie

Bukit Mojo GumelemBukit Mojo Gumelem

Kawasan Mangunan memang memiliki beberapa spot wisata alam yang menarik dan indah untuk dikunjungi. Tempat wisata alam yang baru dikembangkan sejak awal tahun 2016 ini  bernama Bukit Mojo Gumelem. Wisata alam  ini memiliki spot unik berbentuk sarang burung. Spot sarang burung ini kemudian viral dan menjadi salah satu spot favorit untuk berfoto selfie.

Di dekat tempat wisata Bukit Mojo Gumelem terdapat tempat wisata Jurang Tembelem, yang memiliki spot tidak kalah menarik yaitu spot gardu pandang kapal diatas bukit dan kupu-kupu raksasa.

Meskipun wisata alam Bukit Mojo Gumelem terbilang baru, namun keindahan nya sudah menjadi trending di media sosial seperti instagram. Bukit Mojo Gumelem juga memiliki dua spot yang menjadi idola bagi para pengunjung ketika datang ke Bukit Mojo Gemelem, yaitu spot sarang burung di atas bukit dan spot bunga matahari. Tempat wisata alam Bukit Mojo Gumelem ini di desain seperti tempat untuk trekking dengan berbatuan yang tertata rapih di jalan setapak.

Kenapa tempat wisata ini dinamai Bukit Mojo? Dikarenakan di daerah wisata ini banyak terdapat pohon Mojo. Pohon ini konon serupa dengan pohon Mojo yang pada dahulu kala banyak terdapat di Hutan Tarik Jawa Timur, dimana setelah menjadi sebuah kerajaan dinamakan Mojopahit.

Lokasi dan Rute ke Bukit Mojo Gumelem

Wisata alam Bukit Mojo Gumelem berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Jika anda dari Yogyakarta, rute dan akses jalan untuk sampai ke wisata alam Bukit Mojo Gumelem ini tidaklah sulit karena jalan untuk kesana sudah bagus. Dari terminal Giwangan, anda ikuti jalan menuju Imogiri Timur dan jika anda telah sampai di pertigaan Pasar Imogiri belok kiri untuk menuju ke pertigaan makam raja-raja. Saat anda sudah tiba di pertigaan makam, anda tinggal belok ke arah kanan untuk menuju ke Desa Mangunan.

Setelah itu anda tinggal lurus saja terus sampai anda melihat Tugu Mangunan dan kemudian anda belok ke arah kanan agar anda sampai di Kebun Buah Mangunan. Saat di pertigaan, jika anda belok ke kanan, anda akan tiba di Kebun Buah Mangunan dan jika anda berbelok ke arah kiri (lurus) anda akan menuju SD Kanigoro. Setelah anda berbelok ke kanan dan kiri, ada jalan pertigaan arah Panguk dan Mojo, anda ambil ke arah kanan. Kemudian anda tinggal ikuti jalan setapak karena sudah ada jalan petunjuk arah untuk sampai ke tujuan anda.

Harga Tiket Masuk 

Para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam Bukit Mojo Gumetem akan dikenakan tarif yang sangat terjangkau, para pengunjung hanya cukup membayar biaya parkir kendaraan dengan harga Rp 2.000 untuk pengendara roda dua dan Rp 5.000 untuk pengendara roda empat. Namun jika para pengunjung ingin berfoto di spot yang tersedia, para pengunjung harus membayar lagi dengan biaya Rp 3.000/spot.

Fasilitas di Bukit Mojo Gumelem

Wisata alam Bukit Mojo Gumelem memiliki banyak fasilitas untuk menikmati panorama alam yang indah, yaitu seperti menara pandang, anjungan berundak, gardu panjang, taman bunga dan juga gazebo.

Tidak hanya itu, di tempat wisata alam Bukit Mojo Gumelem ini terdapat juga spot untuk berfoto yang unik seperti sarang burung raksasa, bunga matahari, pohon mapple, perahu bambu dll.

Selain itu, terdapat pula fasilitas pendukung yang sudah tersedia di Bukit Mojo Gumelem, seperti toilet, mushalla, tempat parkir yang cukup luas, kantor informasi wisata dan juga warung makan yang menyediakan aneka masakan khas Jawa. anda juga bisa Menikmati Keindahan Bukit Panguk Kediwung.