Museum Batik Pekalongan

Keberadaan Museum Batik Nasional di Kota Pekalongan yang berdiri pada tanggal 12 Juli tahun 2006 tidak bisa dipisahkan dari proses panjang pendiriannya. Museum Batik di Kota Pekalongan ini sebenarnya sudah cukup lama berdiri, yakni tahun 1972. Pemrakarsa awal pendiriannya waktu itu masyarakat pembatik di Pekalongan yang menginginkan agar ada sebuah museum sebagai penunjang kota, alasannya karena banyaknya hasil produksi batik dengan ragam corak sekaligus batik menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat.

Pada tanggal 12 Juli 1972 museum itupun diwujudkan pendiriannya, tepatnya diujung jalan sebelah selatan kawasan Taman Hiburan Rakyat (THR) Gedung Bintang Merdeka yang sekarang lokasinya dikawasan Pos penjaga polisi Jalan Resimen XVII. Karena letak museum yang rawan akan kejahatan. Maka pada tahun 1990 pemerinta daerah mengambil langkah melakukan pembenahan dengan memindahkan Museum Batik ke Jalan Majapahit no 7A yang berada di kompleks perkantoran baru Pemda Kota Pekalongan.

Meskipun dari tahun ke tahun perkrmbangan batik di Pekalongan mengalami kemajuan yang sangat signifikan, namun kondisi museum tidak menunjukan perubahan, terutama penambahan jumlah koleksinya maupun kondisi gedungnya. Akhirnya pilihan untuk mendirikan Museum Batik yang layak timbul setelah Iman Sucipto Umar dari Paguyuban Berkah yang menginginkan pembangunan museum yang memenuhi syarat.

Proses pendirian Museum Batik Nasional diawali pada tanggal 29 Desember 2005. Gagasan pendirian Museum Batik sebagai wujud tanggung jawab pemerintah Kota Pekalongan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat, memajukan seni budaya sekaligus mendukung tumbuhnya industri usaha pembatikan. Sedangkan fungsi museum sebagai jendela kebudayaan dan jendela ekonomi disamping sebagai data center dan pusat kajian data serta koleksi.

Dan kemudian sekarang Museum Batik Nasional Pekalongan telah berdiri kokoh di Jalan Jetayu no 17A kota Pekalongan, Jawa Tengah serta menyimpan sedikitnya 1.000 koleksi batik koleksi batik kuno yang dibuat para pengrajin batik di tanah air.

Kata kunci pencarian : museum batik pekalongan, museum batik, pekalongan, batik pekalongan, wisata pekalongan, tentang upacara lompo batu, batik kuno, pekalongan world\s city of batik, pekalongan kota batik, pekalongan city, gambar pekalongan, logo pekalongan world\s city of batik, museum batik indonesia, wisata kota pekalongan, logo kota pekalongan, tempat wisata di pekalongan, pekalongan world city of batik, lokasi logo pekalongan world\s city of batik, lokasi museum batik, foto pekalongan

Obyek Wisata , , ,

Related Listing

Place Your Review

Rate this place by clicking a star below :

Kirim ke teman

Captcha Verification
captcha image

Send Inquiry

Captcha Verification
captcha image